Wednesday, December 2, 2015

Hanya Tiga Orang Majus? Masa sih?

Image courtesy of Prawny
at FreeDigitalPhotos.net
Sebenarnya saya sering membagikan cerita ini kepada teman-teman saya. Terutama untuk mereka yang terlibat di dalam Sekolah Minggu.  Tujuannya agar mereka pun membagikan cerita Alkitab dengan benar-benar berdasarkan Alkitab. Mari kita melakukan pendalaman.


Rombongan Besar

Mat 2:1  Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem
2  dan bertanya-tanya: "Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia."
3  Ketika raja Herodes mendengar hal itu terkejutlah ia beserta seluruh Yerusalem.


Orang-orang Majus yang datang ke Yerusalem tentunya merupakan rombongan besar.  Alasan utama saya mengatakan itu adalah "terkejutlah (Herodes) beserta seluruh Yerusalem". Jika hanya tiga orang yang datang dan bertanya-tanya, apakah mungkin seorang RAJA jadi terkejut? Apakah mungkin SELURUH Yerusalem terkejut?


Di Rumah Bukan Kandang

Mat 2:9  Setelah mendengar kata-kata raja itu, berangkatlah mereka. Dan lihatlah, bintang yang mereka lihat di Timur itu mendahului mereka hingga tiba dan berhenti di atas tempat, di mana Anak itu berada.
10  Ketika mereka melihat bintang itu, sangat bersukacitalah mereka.
11  Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia. Merekapun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur.

Yesus sudah lahir dan menempati rumah.  Bukan berada di kandang hewan dan tidur di palungan lagi.

Jika emas, kemenyan dan mur adalah barang berharga, lebih masuk akal jika orang Majus datang dalam rombongan besar.  Untuk menjaga barang berharga di dalam perjalanan yang penuh dengan perampok.

Yesus Berumur Dua Tahun

Mat 2:16 Ketika Herodes tahu, bahwa ia telah diperdayakan oleh orang-orang majus itu, ia sangat marah. Lalu ia menyuruh membunuh semua anak di Betlehem dan sekitarnya, yaitu anak-anak yang berumur dua tahun ke bawah, sesuai dengan waktu yang dapat diketahuinya dari orang-orang majus itu.

Ini pun memperkuat alasan saya bahwa Yesus sudah berada di rumah dan orang Majus datang dalam rombongan.
Umur anak yang disebut adalah 2 tahun ke bawah.
Perjalanan orang Majus sejak melihat bintang adalah kurang lebih 2 tahun. Butuh rombongan besar untuk mengurus logistik perjalanan selama 2 tahun.

Jadi, pada saat Anda menceritakan kisah Natal bagian ini, harap hati-hatilah!

Apakah Anda pernah memperhatikan detail cerita ini?

ps: Gambar yang sesuai dengan jumlah orang Majus sangat susah dicari. :D



No comments:

Post a Comment

You Are The Salt of The Earth and You Are The Light of The World

This is the script that I used to deliver the sermon on Morning Chapel time on 28 Feb 2018. "You are the salt of the earth . But i...

Learn For Free!

IDWebHost

Banner IDwebhost

James Gwee