Tuesday, December 1, 2015

Cara Berdoa

Saya mempunyai  pengalaman menarik ketika berhubungan dengan cara berdoa. Dari kecil, saya hanya tahu cara berdoa dengan tutup mata dan lipat tangan.
Ada yang melakukan itu dari kecil?


Mata Terbuka


Beberapa tahun lalu saya mengikuti seminar/ workshop Kristen.  Pesertanya datang dari berbagai negara dan denominasi.  Pada saat pujian yang menuju doa, berbagai ekspresi kecintaan kepada Tuhan membuat saya sangat terpukau.  Pemandangan yang tidak pernah saya lihat di dalam gereja tempat saya berbakti.  


Di sana saya melihat orang tersungkur, bersujud, duduk, berdiri, melompat-lompat, menutup mata, membelalakkan mata, terdiam, berbicara, bahkan berteriak.

Saya tidak pernah membayangkan begitu banyak variasi dari cara berdoa.


Cara Berdoa


(1) Waktu

Ada yang senang menyediakan waktu khusus.  Hal ini bagus untuk memulai kebiasaan.  
Tetapi ada yang mempunyai argumen berdoa itu harus setiap saat.  Keduanya benar.

(2) Tempat

Tempat pun bisa di mana saja.  Memang sebaiknya Anda pun menyediakan tempat khusus untuk berdoa.  Saya membaca beberapa tokoh iman bahkan melakukannya di toilet!

(3) Cara

Seperti kekagetan saya, ternyata cara melakukan berdoa pun bermacam-macam. Silahkan saja Anda mau berdiri, berbaring, tutup mata, buka mata, dll.  

(4) Isi doa

Isi doa adalah isi hati Anda.  Ungkapkan semua yang ingin Anda ungkapkan. Permintaan, ketakutan, ungkapan syukur,.... intinya apa saja dan semuanya!

Itu semua sepertinya sangat sederhana tetapi buat saya sangatlah sulit dilakukan.

Mengapa?  Karena TIDAK ADA alasan lagi untuk saya tidak berdoa!!

No comments:

Post a Comment

You Are The Salt of The Earth and You Are The Light of The World

This is the script that I used to deliver the sermon on Morning Chapel time on 28 Feb 2018. "You are the salt of the earth . But i...

Learn For Free!

IDWebHost

Banner IDwebhost

James Gwee