Thursday, January 7, 2016

Tangan yang Melawan Setiap Orang

Dari bacaan Alkitab setahun di Minggu 1-2, saya mendapatkan ketertarikan ke tangan yang melawan setiap orang. Apalagi dengan situasi yang terjadi di kawasan Timur Tengah .

Tangan teracung Menghangat

Keadaan di Timur Tengah saat ini sedang hangat dengan perselisihan Arab Saudi dengan Iran. Arab Saudi telah memutuskan hubungan diplomatik dengan negara Iran. Banyak kaum pengamat mengatakan bahwa hal ini disebabkan oleh berbedanya pandangan antara Suni (Arab Saudi) dengan Syiah (Iran). Tetapi kedua negara menolak alasan tersebut.


Tangan Penentang


Kejadian hangat tersebut membuat saya jadi tersadarkan ketika membaca bagian dari Kejadian 16. Di bagian ini, malaikat Tuhan memberikan berkat kepada anak Abraham, yaitu Ismael.



10   Lagi kata Malaikat TUHAN itu kepadanya: "Aku akan membuat sangat banyak keturunanmu, sehingga tidak dapat dihitung karena banyaknya."
11  Selanjutnya kata Malaikat TUHAN itu kepadanya: "Engkau mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan akan menamainya Ismael, sebab TUHAN telah mendengar tentang penindasan atasmu itu.
12  Seorang laki-laki yang lakunya seperti keledai liar, demikianlah nanti anak itu; tangannya akan melawan tiap-tiap orang dan tangan tiap-tiap orang akan melawan dia, dan di tempat kediamannya ia akan menentang semua saudaranya."

Keledai Liar

Informasi yang saya dapatkan dari wikipedia mengatakan bahwa keledai liar sangat lincah dan gesit. Bergerak dengan leluasa di padang berbatu maupun di pegunungan. Pengusik akan diperlakukan sebagai bawahan, dijauhkan dari para betina.

Berbeda dengan para binatang lain dalam menghadapi kemungkinan bahaya, kecenderungan keledai liar adalah untuk memeriksa situasi terlebih dahulu. Mereka dengan berani mendatangi keadaan yang mungkin berbahaya baru memutuskan tindakan berikutnya.

Keturunan Ismael

Keledai
Melihat apa yang dikatakan Alkitab mengenai keturunan Ismael dan perbandingan yang terlihat oleh keledai liar, saya hanya bisa terdiam dan berpikir lebih banyak lagi.

Salah satu tokoh utama di keturunan Ismael adalah Muhammad.  Perjuangan beliau dalam kehidupannya sangat mendukung apa yang telah dikatakan Alkitab. Muhammad bergerak ke sana dan ke mari dengan sangat cepat. Tangannya melawan setiap orang yang dihadapinya dan semua orang menentang dia.  Bahkan kaum keluarganya sendiri menganggap Muhammad itu gila ketika menghancurkan 360 pagan idols. 

Perjuangan seperti Muhammad selalu terlihat di keturunan Ismael.  Mereka tidak pantang menyerah dan selalu berani menentang dan menantang keadaan. Kondisi ini sedang dilakukan oleh Iran terhadap saudara-saudaranya (Arab Saudi dan sekutunya).

Bagaimana menurut kalian? 

Arief Wibowo

No comments:

Post a Comment

You Are The Salt of The Earth and You Are The Light of The World

This is the script that I used to deliver the sermon on Morning Chapel time on 28 Feb 2018. "You are the salt of the earth . But i...

Learn For Free!

IDWebHost

Banner IDwebhost

James Gwee